Home / PROFIL

PROFIL

PROFIL PRODI S1 FOTOGRAFI ISI SURAKARTA

Izin penyelenggaraan Program Studi Fotografi (S1) : SK Mendiknas RI Nomor 251/E/O/2011 tertanggal 9 Nopember 2011.

Program Studi S-1 Fotografi  Institut Seni Indonesia Surakarta diselenggarakan di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain dan menginduk ke Jurusan Seni Media Rekam.
Menyadari akan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang seni fotografi, dan beragamnya cabang-cabang seni yang berkembang di masyarakat, maka Institut Seni Indonesia Surakarta sebagai lembaga tinggi seni yang berstatus perguruan tinggi negeri, dan memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan sampai ke jenjang tertinggi, merasa peduli dan harus ikut serta berperan dalam meningkatkan kemampuan karya cipta serta mengembangkan wawasan ilmu pengetahuan seni bagi kesejahteraan masyarakat.
Pendidikan Tinggi dalam Sistem Pendidikan Nasional merupakan pendidikan yang diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Program Studi S1 Fotografi bertujuan mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional. Lulusan Prodi S1Fotografi diharapkan mampu mencapai keunggulan kompetitif melalui penerapan prinsip pengelolaan sumberdaya sesuai dengan asas pengelolaan yang profesional, siap memasuki lapangan kerja yang dibutuhkan untuk menciptakan dan mengembangkan dunia usaha di bidang fotografi.
Sedangkan untuk menjawab permasalahan mengenai kompetensi lulusan agar program studi yang dikembangkan relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan pemerintah akan tenaga profesional, maka kompetensi lulusan yang diharapkan oleh Sarjana Fotografi adalah:
A.  Kompetensi utama
1.    Fotografi Seni dan Budaya
B.  Kompetensi pendukung
1.    Fotografi Komersial
2.    Fotografi Jurnalistik